- Siswa dapat menentukan struktur teks prosedur.
- Siswa dapat menentukan urutan prosedur dengan benar.
- Siswa dapat menentukan alat dan bahan pembuatan tape.
- 4. Siswa dapat menentukan struktur teks diskusi.
- 5. Siswa dapat menentukan argumen menentang.
- 6. Siswa dapat menentukan urutan struktur teks diskusi
- 7. Siswa dapat menentukan kata yang menjadi ciri dari struktur teks diskusi.
- 8. Siswa dapat menentukan penggunaan konjungsi dalam kalimat
- 9. Siswa dapat menentukan kata bilangan.
- 10. Siswa dapat menentukan sinonim kata.
- 11. Siswa dapat menentukan kalimat perintah.
- 12. Siswa dapat menentukan kata modalitas dalam kalimat.
- 13. Siswa dapat menentukan struktur teks ulasan
- 14. Siswa dapat menentukan makna kata dalam kalimat.
- 15. Siswa dapat menentukan kata yang baku dan tidak baku.
- 16. Siswa dapat menentukan kata yang baku dan tidak baku
- 17. Siswa dapat menentukan kata sifat sikap.
- 18. Siswa dapat menentukan merujuk kata.
- 19. Siswa dapat menentukan makna kata
- 20. Siswa dapat menyusun kalimat kompleks dan simpleks.
- 21. Siswa dapat menyusun teks prosedur dengan benar.
- 22. Siswa dapat menyusun teks diskusi (bagian argumen) dengan benar.
- 23. Siswa dapat menyusun kalimat dengan menggunakan konjungsi perlawanan.
- 24. Siswa dapat menyebutkan strktur teks diskusi
- 25. Siswa dapat menyebutkan karakter tokoh dengan benar.
- 26. Siswa dapat menyebutkan latar cerita dengan benar.
- 27. Siswa dapat menyebutkan karakter tokoh.
- 28. Siswa dapat menyebutkan jenis kalimat majemuk dengan benar.
- 29. Siswa dapat meneyebutkan kata berantonim.
- 30. Siswa dapat menyebutkan penggunaan kata modalitas dengan tepat
- 31. Siswa dapat menyebutkan kata benda yang terdapat pada kalimat.
- 32. Siswa dapat menyebutkan konjungsi yang tepat daam kalimat.
- 33. Siswa dapat menyebutkan kata tidak baku menjadi baku.
- 34. Siswa dapat menyebutkan jenis kalimat majemuk.
- 35. Siswa dapat menyebutkan kata baku.(
- 36. Siswa dapat menyebutkan kata metafora dalam kalimat.
- 37. Siswa dapat menyebutkan merujuk kata dengaan tepat.(12)
- 38. Siswa dapat menyebutkan kata sifat sikap dengan benar. (19)
- 39. Siswa dapat menyebutkan makna kata metafora dengan benar. (20)
- 40. Siswa dapat menjelaskan urutan struktur teks ulasan dengan jelas. (1)
- 41. Siswa dapat menjelaskan urutan alur dengan benar.(2)
Kita cintai bahasa Indonesia demi mewujudkan cinta akan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Selasa, 30 Mei 2017
PERSIAPAN PAT
Senin, 29 Mei 2017
KERJAKANLAH!
ULANGAN
BAHASA INDONESIA (KE-3)
Cerpen Karangan: Fitri Nur Fadilah
Kategori: Cerpen Fantasi (Fiksi), Cerpen Keluarga, Cerpen Mengharukan
Lolos moderasi pada: 6 Mei 2017
Kategori: Cerpen Fantasi (Fiksi), Cerpen Keluarga, Cerpen Mengharukan
Lolos moderasi pada: 6 Mei 2017
MALAIKAT KECIL
“Ayah, ayok kita naik gajah
bledug!” Kata Ara bersemangat.
“Tapi Ara harus cium dulu pipi ayah,” balas suamiku menggoda anak kami satu-satunya. Tanpa berpikir panjang, Ara pun menuruti kemauan ayahnya.
“Oke, kita berangkat!” Kata suamiku dengan senyum mengembang.
“Tapi Ara harus cium dulu pipi ayah,” balas suamiku menggoda anak kami satu-satunya. Tanpa berpikir panjang, Ara pun menuruti kemauan ayahnya.
“Oke, kita berangkat!” Kata suamiku dengan senyum mengembang.
Hari ini kami begitu
gembira. Taman bermain memang pilihan yang tepat untuk melepas kesedihan.
Walaupun matahari bersinar terik, tidak membatasi Ara mencoba wahana permainan
yang ada. Begitupun dengan suamiku, ia tak lelah mengikuti setiap keingin anak
kami. Diam-diam aku tersenyum dan bersyukur melihat kebahagiaan mereka.
Setelah wahana permainan
gajah bledug, istana boneka dipilih oleh Ara. Kami menaiki sebuah perahu yang
digunakan untuk menjelajahi istana. Perahu pun berjalanan pelan mengikuti
aliran air. Ara tersenyum kagum melihat boneka-boneka yang terpajang di setiap
sisi. Badannya yang mungil ikut bergerak seirama alunan musik di dalam istana
tersebut.
“Ayah, bunda pasti suka. Iya kan?” tanya Ara yang hanya dibalas anggukan oleh ayahnya, sementara aku hanya dapat tersenyum.
“Ayah, bunda pasti suka. Iya kan?” tanya Ara yang hanya dibalas anggukan oleh ayahnya, sementara aku hanya dapat tersenyum.
Perahu pun berhenti,
menandakan berakhirnya petualangan. Ara kembali berlari riang menuju wahana
permainan selanjutnya. Namun, langit menjadi tak bersahabat. Walau dalam terik
matahari, air hujan tiba-tiba turun dengan lebat.
Kami pun berteduh di sebuah
toko es krim. Banyaknya pengunjung, membuat tempat tersebut begitu bising.
Suara hujan yang deras seperti beradu dengan rengekan anak-anak yang ingin
membeli es krim. Alih-alih seperti anak seusianya, Ara mengeluarkan sebuah
payung dari dalam tas mickey mousenya.
“Ini ayah. Kita masih terkena air hujan,” kata Ara seraya memberikan payung merah muda.
“Kamu kapan menyiapkan payung, sayang? Ayah saja lupa”. Balas suamiku.
“Kata bunda, aku harus membawa payung agar kita tidak kebasahan jika hujan”. Jawab Ara, membuat aku dan suamiku tersenyum bangga.
“Terima kasih ya, Ara. Kamu mau es krim? Lihat mereka sedang memakan es krim,” suamiku menunjuk beberapa anak kecil.
“Tidak. Kata bunda, Saat hujan aku tidak boleh memakan es krim. Jika aku sakit, pasti ayah dan bunda sedih”. Lagi-lagi jawaban Ara membuat aku dan suamiku terenyuh.
“Ini ayah. Kita masih terkena air hujan,” kata Ara seraya memberikan payung merah muda.
“Kamu kapan menyiapkan payung, sayang? Ayah saja lupa”. Balas suamiku.
“Kata bunda, aku harus membawa payung agar kita tidak kebasahan jika hujan”. Jawab Ara, membuat aku dan suamiku tersenyum bangga.
“Terima kasih ya, Ara. Kamu mau es krim? Lihat mereka sedang memakan es krim,” suamiku menunjuk beberapa anak kecil.
“Tidak. Kata bunda, Saat hujan aku tidak boleh memakan es krim. Jika aku sakit, pasti ayah dan bunda sedih”. Lagi-lagi jawaban Ara membuat aku dan suamiku terenyuh.
Setelah sekian lama,
akhirnya hujan pun berhenti. Kami lantas meneruskan perjalanan mengelilingi
taman bermain. Sore hari setelah hujan, membuat udara menjadi sejuk. Kicauan
burung pun menambah kebahagiaan. Seraya menunggu wahana permainan dihidupkan
kembali, kami mengunjungi sebuah restoran cepat saji.
Ara makan dengan begitu
lahap. Sementara, suamiku mulai lelah. Air mukanya terlihat sedih. Aku tidak
ingin mereka kembali bersedih seperti beberapa minggu yang lalu. Aku tidak tahu
cara untuk menghibur kesedihan suamiku, kecuali Ara. Seperti mengerti perasaan
ayahnya, Ara bergegas mencuci tangan dan bersiap untuk kembali melanjutkan
perjalanan.
Beruntung, wahana permainan pilihan Ara telah dapat digunakan. Dengan riang, Ara menggenggam tangan ayahnya menaiki salah satu tempat pada kincir raksasa. Air muka suamiku kembali seperti sebelumnya, tetapi masih tersirat kesedihan. Pada senja yang indah, kincir raksasa berputar membuat Ara menikmati pemandangan.
Beruntung, wahana permainan pilihan Ara telah dapat digunakan. Dengan riang, Ara menggenggam tangan ayahnya menaiki salah satu tempat pada kincir raksasa. Air muka suamiku kembali seperti sebelumnya, tetapi masih tersirat kesedihan. Pada senja yang indah, kincir raksasa berputar membuat Ara menikmati pemandangan.
Saat tempat kami berada di
puncak paling tinggi, tiba-tiba, suamiku meneteskan air mata, kemudian
menangis. Aku merasa frustasi, karena tidak dapat melakukan apa-apa. Namun,
Tuhan telah menjadikan Ara malaikat kecil. Ia menggenggam tangan ayahnya, lalu
mengusap air matanya.
“Ayah kenapa? Kangen sama
bunda, ya? Ayah jangan nangis. Ara janji gak akan nakal dan selalu jagain ayah.
Oh, ya. Kata bunda dari surga, walaupun udah meninggal, tapi bunda akan selalu
menjaga dan berada di samping kita. Jadi, ayah jangan nangis, ya.” Mereka
berpelukan dengan sangat erat. Terima kasih, Tuhan, karena telah menjadikan Ara
malikat kecil untuk selalu berada di samping ayahnya, suamiku. Aku bergumam
dalam hati, dengan senyuman terindah.
Jawablah Pertanyaan berikut ini!
1. Carilah kata
berantonim yang terdapat pada cerita tersebut!
2. Identifikasilah
kata sifat sikap yang t erdapat pada cerita di atas!
3. Sebutkan
tokoh dan karakternya!
4. Jelaskan
kelebihan dan kekurangan cerpen di atas!
5. Tuliskan
kembali cerita tersebut dengan singkat (1-2 paragraf)!
Kerjakan di kertas ulangan!
Rabu, 25 Januari 2017
Selasa, 24 Januari 2017
ULANGAN HARIAN KE-1 (KELAS 9)
ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KE-1
KELAS IX
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN
2016/2017
JAWABLAH PERTANYAAN
BERIKUT INI DENGAN JELAS!
- Apakah kamu pernah tidak setuju dengan pendapat temanmu? Jika pernah, sebutkan dalam hal apa dan bagaimana pendapatmu!
- Tata cara menyampaikan sanggahan salah satunya adalah menambahkan kekurangan pendapat orang lain. Apa maksud kalimat di atas!
- Seto dalam kegiatan pameran seni dan budaya yang akan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mranggen pada bulan Maret mendatang menyampaikan usul agar kelas 9H dapat menampilkan karya seni yang bukan hasil kreasi para siswa kelas 9H. Hal ini menurut Seto agar penampilannya membuat kagum para pengujung. Buatlah kalimat ketidaksetujuan dengan disertai alasan yang masuk akal!
- SMP Negeri 3 Mranggen dalam waktu dekat akan mengadakan pentas seni dan kreasi pada tanggal 31 Januari 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT SMP Negeri 3 Mranggen yang ke-19. Pelaksanaan kegiatan itu akan menampilkan grup band asuhan Shela on 7. Para siswa diminta untuk menyumbang dana sebesar Rp 100.000,00 untuk membantu sekolah membayar biaya tersebut. Paragraf di atas merupakan struktur teks bagian isu/masalah. Sebutkan masalah atau isu tersebut!
- Sejumlah kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak tepat sasaran dan akan memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota. Sebutkan kalimat penolakan yang terdapat dalam paragraf di atas!
- Tuliskan struktur teks tantangan beserta penjelasannya!
- Buatlah kalimat penolakan terhadap para siswa yang menginginkan agar siswa diperbolehkan memakai sepatu bebas saat bersekolah!
- Pemerintah memberikan bantuan kepada Institut Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang. Apa arti kata institut pada teks di atas?
- Ciri kebahasaan teks tantangan adalah adanya kalimat sanggahan. Kalimat sanggahan adalah kalimat yang mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap masalah.
- Sebutkan kata-kata yang menjadi ciri kalimat sanggahan, dan buatlah satu contoh kalimat sanggahan dengan menggunakan salah satu kata tersebut! Ciri kalimat penolakan ditandai dengan kata tidak setuju, menolak, menentang.Buatlah kalimat penolakan dengan menggunakan kata-kata tersebut tentang seputar dunia pendidikan!
Senin, 12 Desember 2016
SILAKAN BERLATIH MENJWAB SOAL INI BAGI YANG REMIDI
1. Rossi adalah pembalap dari Italia,
dia sudah menorehkan prestasi yang luar biasa. Dalam hidupnya disiplin adalah
kunci suksesnya. Kini pembalap yang dikenal dengan sebutan The Doctor ini,
masih diperhitungkan oleh lawan-lawannya, meskipun umurnya tidak muda lagi.
Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian ....
a.
Pembukaan
b.
Peristiwa
c.
Orientasi
d.
Interpretasi
2. Saat berlomba di sirkuit Sepang
Malaysia, Rossi sudah berada di depan lawan-lawannya hingga tinggal dua lap,
Rossi tergelincir di tikungan ke delapan sirkuit tersebut. Mimpinya menjadi
pudar untuk meraih tropi pada saat itu. Seluruh kru dan managemennya kecewa
dengan kejadian yang dialami pembalapnya tersebut.
Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian ....
a.
Orientasi
b.
Peristiwa
c.
Interpretasi
d.
Koda
3. Saat berlomba di sirkuit Sepang
Malaysia, Rossi sudah berada di depan lawan-lawannya hingga tinggal dua lap
tersisa, Namun Rossi tergelincir di tikungan ke delapan sirkuit tersebut.
Mimpinya menjadi pudar untuk meraih tropi pada saat itu. Seluruh kru dan
managemennya kecewa dengan kejadian yang dialami pembalapnya tersebut.
Yang tidak termasuk peristiwa penting pada paeagraf di atas adalah ....
a.
Rossi berada di depan
lawan-lawannya hingga tersisa dua lap terakhir.
b.
Rossi tergelincir saat ada di
tikungan ke delapan.
c.
Rossi meraih tropi moto GP di
sirkuit Sepang Malaysia.
d.
Manajemennya kecewa dengan
tergelincirnya Rossi.
4.
Meski sebagai pembalap
profesional, Rossi tetap kecewa dengan peristiwa yang menimpanya.
Hikmah atas kejadian tersebut yang tepat adalah ....
a.
Rossi harus membalas kejadian
tersebut di sirkuit berikutnya.
b.
Rossi sebagai the Doctor harusnya
dapat mengobati luka hatinya sendiri.
c.
Rossi harus mengevaluasi kejadian
yang menimpanya, agar ke depan lebih siap dan memenangkan perlombaan.
d.
Rossi harus lebih disiplin untuk
mengontrol mesin motornya.
5. Persamaan antara teks eksemplum
dengan teks fabel terletak pada bagian ....
a.
Orientasi dan insiden (peristiwa)
b.
Peristiwa dan koda
c.
Resolusi dan insiden
d.
Interpretasi dan koda
6. Ketika
Edomengetahui bahwa ada seekor kura-kura tua yang terinjakkakinya, Edo malah
tidak bereaksi untuk minta maaf. Diabahkan marah-marah sambil berkata, “Dasar
kura-kura tua, akujadi mau terjatuh kerena menginjak kamu”.
Tokoh dalam
cerita di atas memiliki watak ....
a.
Sombong
b.
Kuat
c.
Pemaaf
d.
Suka
menolong
7. Ketika
Edo mengetahui bahwa ada seekor kura-kura tua yang terinjak kakinya, Edo malah
tidak bereaksi untuk minta maaf. Dia bahkan marah-marah sambil berkata, “Dasar
kura-kura tua, aku jadi mau terjatuh kerena menginjak kamu”.
Setujukah
kalian melihat apa yang dilakukan oleh Edo?
a.
Saya
setuju dengan sikap Edo yang marah-marah karena kura-kura tidak minggir saat
dirinya hendak mengambil makanan.
b.
Saya
sangat setuju, jika Edo tidak menghormati kura-kura.
c.
Saya
tidak setuju dengan sikap Edo yang dengan sombongnya memarahi kura-kura.
d.
Saya
tidak setuju jika Edo menginjak kura-kura.
8. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan,
kita wajib bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya kepada kita.
Bentuk syukur dapat diwujudkan dengan
....
a.
Membeli barang-barang terbaru.
b.
Menikmati ciptaan Tuhan dengan
selalu menjaga dan memeliharanya.
c.
Bertingkah laku sesuai ajaran
kemauan orang tua.
d.
Menikmati ciptaan Tuhan yang lua
biasa.
9. Alkisah, di sebuah rumah tua di
Surabaya tinggalah seorang pelukis muda dengan talenta yang luar biasa membuat
sebuah lukisan wajah.
Kalimat di atas terdapat kata
keterangan ....
a.
Cara
b.
Tempat
c.
Waktu
d.
Tujuan
10.
Kata keterangan waktu dapat
ditandai dengan kata ....
a.
Selalu, agar, dari
b.
Sering, selalu, sebentar
c.
Sering, semaumu, sebentar
d.
Semaumu, secepatnya, sering
11.
Kata keterangan terdiri dari ....
a.
Waktu, cara, tujuan dan tempat
b.
Waktu, cara, hidup, tempat
c.
Waktu,hasil, cara, tempat
d.
Waktu, dapat, hidup, cara
12.
Isfahana akan membayar hutang
secepatnya agar nantinyaa dapat dipercaya lagi.
Kalimat tersebut di dalamnya terdapat
kata keterangan ....
a.
Waktu
b.
Tempat
c.
Hasil
d.
Hidup
13.
Kesuksesannya menjadi pemimpin
tidak dari orang lain tetapi yang paling berperan adalah istrinya.
Kalimat tersebut menggunakan konjungsi
... yang bermakna ....
a.
Tetapi bermakna berlawanan
b.
Dari bermakna asal
c.
Tetapi bermakna setara
d.
Tetapi bermakna penambahan
14. Pada
saat Dani menyeberang jalan untuk mengejarorang yang ingin membeli korannya,
tiba-tiba sebuah mobilmenyenggolnya. Dia terjatuh ke pinggir jalan dan
korandagangannya berantakan. Wanita yang mengendarai mobil ituturun lalu
menghampiri Dani yang masih tergeletak. Wanitamuda itu memarahi Dani yang masih
belum sadar.
Peristiwa
yang tidak diinginkan terjadi adalah ....
a.
Sebuah
mobil yang menyenggol Dani hingga dia terjatuh.
b.
Korannya
berantakan.
c.
Wanita
yang memarahi Dani
d.
Dani
terjatuh di pinggir jalan.
15.
Konjungsi
yang bermakna sebab akibat adalah ....
a.
Tetapi
b.
Dan
c.
Atau
d.
Karena
Langganan:
Postingan (Atom)
Haiiii Opa
Di sebuah sekolah menengah pertama yang penuh semangat, ada seorang gadis berusia 14 tahun bernama Oche. Cerdas, tekun, dan penuh ambisi. ...

-
Aku masih ingat Amul. Teman dekatku saat SD yang kini sudah duduk di kelas 9 SMP. Dulu, aku biasa saja melihatnya, tak ada yang spesial. Dia...
-
Sekar adalah gadis yang selalu ceria, senyumnya mudah menyebar, dan tawa riangnya sering terdengar di setiap sudut sekolah. Ia bersahabat de...
-
Tania dikenal sebagai gadis yang ramah dan baik hati. Setiap teman yang mendekatinya akan merasakan kehangatan yang tak bisa dijelaskan. M...