Senin, 12 Desember 2016

SILAKAN BERLATIH MENJWAB SOAL INI BAGI YANG REMIDI

1.    Rossi adalah pembalap dari Italia, dia sudah menorehkan prestasi yang luar biasa. Dalam hidupnya disiplin adalah kunci suksesnya. Kini pembalap yang dikenal dengan sebutan The Doctor ini, masih diperhitungkan oleh lawan-lawannya, meskipun umurnya tidak muda lagi.
Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian ....
a.       Pembukaan
b.      Peristiwa
c.       Orientasi
d.      Interpretasi
2.     Saat berlomba di sirkuit Sepang Malaysia, Rossi sudah berada di depan lawan-lawannya hingga tinggal dua lap, Rossi tergelincir di tikungan ke delapan sirkuit tersebut. Mimpinya menjadi pudar untuk meraih tropi pada saat itu. Seluruh kru dan managemennya kecewa dengan kejadian yang dialami pembalapnya tersebut.
Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian ....
a.       Orientasi
b.      Peristiwa
c.       Interpretasi
d.      Koda
3.     Saat berlomba di sirkuit Sepang Malaysia, Rossi sudah berada di depan lawan-lawannya hingga tinggal dua lap tersisa, Namun Rossi tergelincir di tikungan ke delapan sirkuit tersebut. Mimpinya menjadi pudar untuk meraih tropi pada saat itu. Seluruh kru dan managemennya kecewa dengan kejadian yang dialami pembalapnya tersebut.
Yang tidak termasuk peristiwa penting pada paeagraf di atas adalah ....
a.       Rossi berada di depan lawan-lawannya hingga tersisa dua lap terakhir.
b.      Rossi tergelincir saat ada di tikungan ke delapan.
c.       Rossi meraih tropi moto GP di sirkuit Sepang Malaysia.
d.      Manajemennya kecewa dengan tergelincirnya Rossi.

4.       Meski sebagai pembalap profesional, Rossi tetap kecewa dengan peristiwa yang menimpanya.
Hikmah atas kejadian tersebut yang tepat adalah ....
a.       Rossi harus membalas kejadian tersebut di sirkuit berikutnya.
b.      Rossi sebagai the Doctor harusnya dapat mengobati luka hatinya sendiri.
c.       Rossi harus mengevaluasi kejadian yang menimpanya, agar ke depan lebih siap dan memenangkan perlombaan.
d.      Rossi harus lebih disiplin untuk mengontrol mesin motornya.

5.     Persamaan antara teks eksemplum dengan teks fabel terletak pada bagian ....
a.       Orientasi dan insiden (peristiwa)
b.      Peristiwa dan koda
c.       Resolusi dan insiden
d.      Interpretasi dan koda
6.   Ketika Edomengetahui bahwa ada seekor kura-kura tua yang terinjakkakinya, Edo malah tidak bereaksi untuk minta maaf. Diabahkan marah-marah sambil berkata, “Dasar kura-kura tua, akujadi mau terjatuh kerena menginjak kamu”.
Tokoh dalam cerita di atas memiliki watak ....
a.       Sombong
b.      Kuat
c.       Pemaaf
d.      Suka menolong

7.    Ketika Edo mengetahui bahwa ada seekor kura-kura tua yang terinjak kakinya, Edo malah tidak bereaksi untuk minta maaf. Dia bahkan marah-marah sambil berkata, “Dasar kura-kura tua, aku jadi mau terjatuh kerena menginjak kamu”.
Setujukah kalian melihat apa yang dilakukan oleh Edo?
a.       Saya setuju dengan sikap Edo yang marah-marah karena kura-kura tidak minggir saat dirinya hendak mengambil makanan.
b.      Saya sangat setuju, jika Edo tidak menghormati kura-kura.
c.       Saya tidak setuju dengan sikap Edo yang dengan sombongnya memarahi kura-kura.
d.      Saya tidak setuju jika Edo menginjak kura-kura.
8.      Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita wajib bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya kepada kita.
Bentuk syukur dapat diwujudkan dengan ....
a.       Membeli barang-barang terbaru.
b.      Menikmati ciptaan Tuhan dengan selalu menjaga dan memeliharanya.
c.       Bertingkah laku sesuai ajaran kemauan orang tua.
d.      Menikmati ciptaan Tuhan yang lua biasa.
9.   Alkisah, di sebuah rumah tua di Surabaya tinggalah seorang pelukis muda dengan talenta yang luar biasa membuat sebuah lukisan wajah.
Kalimat di atas terdapat kata keterangan ....
a.       Cara
b.      Tempat
c.       Waktu
d.      Tujuan
10.   Kata keterangan waktu dapat ditandai  dengan kata  ....
a.       Selalu, agar, dari
b.      Sering, selalu, sebentar
c.       Sering, semaumu, sebentar
d.      Semaumu, secepatnya, sering
11.   Kata keterangan terdiri dari ....
a.       Waktu, cara, tujuan dan tempat
b.      Waktu, cara, hidup, tempat
c.       Waktu,hasil, cara, tempat
d.      Waktu, dapat, hidup, cara
12.   Isfahana akan membayar hutang secepatnya agar nantinyaa dapat dipercaya lagi.
Kalimat tersebut di dalamnya terdapat kata keterangan ....
a.       Waktu
b.      Tempat
c.       Hasil
d.      Hidup
13.   Kesuksesannya menjadi pemimpin tidak dari orang lain tetapi yang paling berperan adalah istrinya.
Kalimat tersebut menggunakan konjungsi ... yang bermakna ....
a.       Tetapi bermakna berlawanan
b.      Dari bermakna asal
c.       Tetapi bermakna setara
d.      Tetapi bermakna penambahan
14. Pada saat Dani menyeberang jalan untuk mengejarorang yang ingin membeli korannya, tiba-tiba sebuah mobilmenyenggolnya. Dia terjatuh ke pinggir jalan dan korandagangannya berantakan. Wanita yang mengendarai mobil ituturun lalu menghampiri Dani yang masih tergeletak. Wanitamuda itu memarahi Dani yang masih belum sadar.
Peristiwa yang tidak diinginkan terjadi adalah ....
a.       Sebuah mobil yang menyenggol Dani hingga dia terjatuh.
b.      Korannya berantakan.
c.       Wanita yang memarahi Dani
d.      Dani terjatuh di pinggir jalan.
15.   Konjungsi yang bermakna sebab akibat adalah ....
a.       Tetapi
b.      Dan
c.       Atau
d.      Karena






Selasa, 17 Mei 2016

Ulaslah cerita berjudul "RUMAH TUA" yang sudah kalian baca dan dengar sesuai  dengan strukturnya!


Jumat, 27 November 2015

BERLATIH MENGERJAKN SOAL

UH 3 kelas 8.
1. Apa yang dimaksud dengan biografi?
2. Sebutkan struktur teks biografi!
3 Bagian pengenalan tokoh dalam teks biografi disebut apa?
4. Teks di bawah ini merupakan struktur tekis bagaian apa?
    Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Meskipun
demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
5. Teks di bawah ini merupakan struktur teks bagian apa?
     Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat
menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.
6. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata hubung dan, serta, tetapi!
7. Buatlah kalimat dengan menggunakan merujuk kata di bawah ini!
    a. Pucanggading
    b. Yamaha
    c. SMP Negeri 3 Mranggen
8. Buatlah satu paragraf teks biografi bagian orientasi (tentang diri kalian)!
9. Buatlah kalimat intransitif dan transitif, masing-masing 1!
10. Buatlah satu dialog drama tentang salah paham!

Kamis, 26 November 2015

LATIHAN SOAL



Ulangan ke-3 Bahasa Indonesia Kelas IX

Orang Kepanasan
W.S. Rendra

Karena kami makan akar
dan terigu menumpuk di gudangmu
Karena kami hidup berhimpitan
dan ruangmu berlebihan
maka kita bukan sekutu
1.      Jelaskan pertentangan yang terdapat pada kutipan puisi di atas!
2.      Sampaikan pendapatmu tentang perbedaan yang terdapat pada kutipan puisi di atas!
3.      Si Min dan si Ndul minggu lalu naik pesawat terbang dari bandara Ahmad Yani menuju ke Jakarta. Sebelum naik pesawat, mereka berdoa agar tidak terjadi apa-apa, bahkan mulut mereka  tak pernah berhenti mengucap doa. Pada saat mau naik, kaki Si Min dan si Ndul bergetaran. Kakaknya mendorong untuk segera naik, hal ini karena pesawat mau berangkat. Sesampai di atas  Si Min dan si Ndul berubah jadi senang dan gembira, bahkan sesekali berteriak horee. Kisah ini ternyata hanya mimpi, setelah ibunya membangunkan mereka dari tidurnya.
Jika kisah itu terjadi sesungguhnya, apa pendapatmu?
4.      Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak  Kamis, 10 April  2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.
Meskipun tidah semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.
Sebutkan persoalan yang terdapat dalam teks di atas!
5.      Sebutkan pernyataan umum yang menggambarkan hal di atas!
6.      Apa yang disampaikan penulis pada paragraf kedua?
7.      Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp 114 miliar per tahun. Sekretaris Negara  mengklaim bahwa jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri daripada menyewa pesawat dari maskapai Garuda  Indonesia seperti yang selama ini dilakukan. Sistem carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan, biaya terus meningkat. Pada 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp 75 miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp 175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp 180 miliar. Alasan berikutnya jelas bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang mau tidak mau Presiden harus memiliki pesawat sendiri. Tidak mungkin Presiden menggunakan pesawat komersial karena   jadwalnya sangat terbatas. Pandangan bahwa memiliki pesawat kepresiden bukan merupakan prioritas juga dapat dibantah karena saat ini perekonomian Indonesia sudah Stabil.
Temukan 3 alasan yang mendukung pada teks di atas!
8.      Pertumbuhan cukup baik sehingga operasional dapat ditutupi. Pembelian pesawat kepresidenan juga Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik. Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut  juga merupakan hal yang sangat rasional.
Temukan 3 alasan yang menentang pada teks di atas!
9.      Apa kesamaan yang terdapat pada teks tanggapan kritis dan teks diskusi?
10.   Sebagai alat trasnportasi udara, pesawat terbang sangat diperlukan tidak saja oleh masyarakat, tetapi juga oleh pejabat negara, termasuk Presiden. Ternyata pemerintah Indonesia sudah lama merancang pembelian pesawat kepresidenan. Akan tetapi, polemik muncul karena ada  masyarakat yang beranggapan bahwa belum saatnya Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Ada pula masyarakat yang menginginkan agar Indonesia segera memiliki pesawat kepresidenan. Untuk lebih memahami teks tanggapan kritis di atas, kamu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Sebutkan apa saja yang ditegaskan kembali (penegsan ulang) pada paragraf di atas!

Selasa, 29 September 2015

KISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS IX

Kisi-kisi Mid Semester ganjil 2015/2016

Romawai kesatu
1.       Disajikan kutipan puisi karya Rifai, siswa menentukan makna/arti puisi.
2.       Disajikan teks puisi, siswa menentukan peristiwa yang etrjadi pada puisi tersebut.
3.       Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan bagian struktur teks eksemplum.
4.       Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan kata keterangan yang terdapat di paragraph tersebut.
5.       Memaknai kata yang terdapat pada paragraph teks eksemplum putrid tangguk.
6.       Menentukan karakter yang tidak patut dicontoh dari tekk eksemplum.
7.       Menentukan karakter atau sifat tokoh yang perlu dicontoh.
8.       Menentukan bagian teks eksemplum yang berisi tentang pesan moral yang disampaikan penulis.
9.       Disajikan kutipan teks eksemplum, siswa menentukan peristiwa yang terjadi dalam teks tersebut.
10.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan sudut pandang pengarang.
11.   Disajikan contoh konjungsi, siswa menentukan jenis konjungsi tersebut.
12.   Disajikan contoh kalimat majemuk, siswa menentukan jenis kalimat majemuk tersebut.
13.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan bagian struktur paragraph tersebut.
14.   Disajikan kalimat, siswa menentukan makna kata di dalamnya.
15.   Siswa dapat menyebutkan kata keterangan yang menyatakan tujuan.
16.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menyebutkan peristiwa yang tidak diinginkan terjadi.
17.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum siswa menyebutkan karakter tokohnya.
18.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa membedakan perilaku baik dan buruk pada diri tokoh.
19.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan peristiwa yang terjadi pada teks.
20.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan makna kata.

Romawi kedua
1.       Disajikan data, siswa menyusun kalimat berdasarkan data.
2.       Disajikan satu paragraph, siswa merevisi paragraph tersebut.
3.       Disajikan kata keterangan tempat, siswa menyusun kalimat berdasarkan kata tersebut.
4.       Disajikan dua kata, siswa menyusun kalimat berdasarkan kata tersebut.
5.       Disajikan satu paragraph interpretasi teks eksemplum, siswa melengkapinya/melanjutkannya

Haiiii Opa

Di sebuah sekolah menengah pertama yang penuh semangat, ada seorang gadis berusia 14 tahun bernama Oche. Cerdas, tekun, dan penuh ambisi. ...