Minggu, 17 Desember 2017

REMIDI BAHASA INDONESIA KELAS 9

 




    Kerjakanlah soal berikut ini dengan menjawab langsung pada soal (berilah warna pada jawaban yang dianggap benar) setelah itu cetak (print) dan serahkan pada gurumu paling lambat hari Rabu tanggal 20 Desember 2017)
 

REVISI DAFTAR YANG REMIDI KELAS 9F
         
     


I.          Pilihlah satu jawaban uang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!.
Bacalah teks laporan percobaan di bawah ini untul soal no1-5!
Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana
Pada saat kita tidur, baik siang atau malam hari, selalu saja makhluk kecil bersayap yang mengganggu tidur kita. Ya, mahkluk kecil bersayap tersebut bernama nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal sepele dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternative yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum kamu mencoba membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut!
1.        Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter
2.        200 ml air
3.        50 gram gula merah
4.        1 gram ragi ( beli di toko makanan kesehatan, warung, atau pasar )
Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini!
1.        Potong botol plastik ditengah! Simpan bagian atas/mulut botol!
2.        Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin kemudian tuangkan di separoh bagian potongan bawah botol!
3.        Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
4.        Pasang/masukan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
     Perangkap nyamuk sederhana ini terbukti lebih aman digunakan dibandingkan dengan cairan kimia pembasmi nyamuk. Alat ini dapat kamu taruh di pojok kamar atau di bawah tempat tidur. Dalam satu minggu, kamu akan melihat banyak nyamuk yang tertampung dalam botol.
1.        Bagian struktur teks laporan percobaan yang tidak terdapat dalam teks di atas adalah….
A.   tujuan
B.    langkah
C.    hasil
D.   kesimpulan

2.    Paragraf terakhir pada teks laporan percobaan di atas merupakan bagian ....
A.   tujuan
B.    langkah
C.    hasil
D.   kasimpulan
3.        Kata bahan kimia pada kutipan teks di atas memiliki makna.....
A.   zat atau senyawa yang berasal dari alam maupun hasil olahan manusia.
B.    bahan – bahan kimia yang di dapat dari alam
C.    bahan-bahan kimia yang telah diproduksi oleh pabrik
D.   bahan-bahan yang diproses oleh mesin yang ada di pabrik.

4.        Hasil penelaahan yang sesuai dengan alinea ke dua adalah ....
A.   alinea ke dua diatas termasuk bagian langkah-langkah karena menggunakan kalimat langsung.
B.    alinea ke dua diatas termasuk bagian langkah-langkah karena menggunakan kalimat perintah.
C.    alinea ke dua diatas termasuk bagian langkah-langkah karena menggunakan kalimat berita.
D.   alinea ke dua diatas termasuk bagian langkah-langkah karena menggunakan kalimat tak langsung.

5.        Revisi untuk kalimat pertama alinea kedua yang tepat adalah ....
A.   Namun  tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternative yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk
B.    namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternative yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk
C.    Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternative yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk
D.   Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut, mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternative yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk

6.    Saya selaku wakil siswa kelas IX mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru yang telah mendidik kami dengan hati ikhlas. Kami semua juga mohon maaf kepada Bapak dan Ibu guru atas perbuatan yang kami lakukan….

Kalimat ajakan untuk menutup pidato tersebut adalah….
A.   Oleh karena itu, teman-teman jangan lupakan jasa Bapak dan Ibu guru di sekolah ini.
B.    Demikian pidato ini saya sampaikan untuk Bapak dan Ibu guru
C.    Terima kasih atas perhatian saudara yang telah hadir di ruangan ini
D.   Cukup sekian saya ucapkan, semoga teman-teman menjadi sukses nanti.

7.    “Coba pikirkan jutaan hewan yang kehilangan rumahnya setiap hari akibat pohon yang ditebang, jika daur ulang berkelanjutan, kita dapat menyelamatkan banyak hutan yang indah.”
     Contoh kalimat di atas merupakan cara yang digunakan untuk mempersuasi dengan menggunakan….
A.   Pendekatan etika
B.    Pendekatan emosi
C.    Pendekatan logika
D.   Pendekatan baik-baik saja

8.        Hal pertama yang harus lakukan ketika akan berpidato yang persuasif adalah…
A.   Memahami tujuan pidato
B.    Mempelajari topik yang akan disampaikan dalam pidato
C.    Memahami audiens atau pendengar
D.   Persiapan pakaian yang rapi dan bagus

9.        Struktur isi pidato yang persuasif adalah….
A.   Penguatan posisi, tahap argument, pernyataan posisi
B.    Pernyataan posisi, tahap argument,penguatan posisi
C.    Tahap argument,penguatan posisi, pernyataan posisi
D.   Tahap argument,pernyataan posisi, penguatan posisi

10.         Di bawah ini yang merupakan pembendaan atau nominalisasi dari kata kerja adalah….
A.   pemalu
B.    membangun
C.    kebaikan
D.   pembangunan

11.         Bacalah kutipan cerpen di bawah ini untuk menjawab soal 11-12!  
            Di sebelah barat kampung ada gunung yang tidak begitu besar. Disebut gunung barangkali tidak tepat karena areanya terlalu kecil. Lebih tepatnya disebut bukit. Tapi penduduk kampung kecil itu, sejak dulu sampai sekarang, menyebutnya dengan gunung besar.
            Meski areanya kecil, jangan Tanya siapa saja penduduk yang pernah ke dalam Gunung Beser, mereka akan bergidik hanya membayangkanya. Penduduk kampong kecil itu mulai dari Kakek-nenek sampai anak-anak, hafal cerita keangkeran Gunung Beser.
Kutipan teks di atas merupakan  bagian ... dari struktur teks cerpen.
A.   komplikasi
B.    resolusi
C.    orientasi
D.   koda

12.         Latar tempat yang menonjol pada kutipan cerpen tersebut adalah....
A.   Kampung gunung
B.    Kampung kecil di sekitar Gunung Beser
C.    Sebelah barat kampung
D.   Gunung Beser

13.    Matahari telah terbenam. Onggokan-onggokan jingga di langit barat membawa malam. Kalimat tersebut menggunakan gaya bahasa yang ekspresif berupa majas….
A.   personifikasi
B.    metafora
C.    simile
D.   hiperbola

14.    Pagi ini kami akan berangkat sekolah, dan lagi-lagi sepatu butut itu lagi yang kuperhatikan dari Andi, aku jadi malas bila berjalan denganya. Aku malu bila harus berjalan  denganya, seperti berjalan dengan seorang gembel.
Karakter yang tepat untuk menggambarkan tokoh aku adalah…..
A.   angkuh
B.    keras kepala
C.    sombong
D.   perhatian

15.    “Nada, Minggu depan kita harus pindah ke Yogyakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam dan mematung.” Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal disini. Sekolah Nada gimana?” “ Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus ayah. Kamu tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah.
Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah….
A.   Sebagai anak harus patuh pada kedua orang tua.
B.    Lakukan perintah orang tua meskipun dengan terpaksa.
C.    Jangan lakukan perintah orang tua karena bertentangan dengan keinginan kita.
D.   Setiap keputusan agar dibicarakan terlebih dahulu dengan keluarga.

16.         Bagian deskripsi  pada teks tanggapan kritis berisi….
A.   solusi
B.    pernyataan umum
C.    keputusan penulis
D.   dukungan dan penolakan penulis

17.    Kemajuan tehknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal ini tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungan.
Kutipan teks di atas termasuk bagian …. dari struktur teks tanggapan kritis.
A.   evaluasi
B.    dukungan
C.    penolakan
D.   penegasan ulang

18.         Bagian yang membedakan teks diskusi dengan teks tanggapan kritis adalah….
A.   Teks diskusi berisi pendapat yang pro, sedang teks tanggapan kritis berisi pendapat pro dan kontra.
B.    Teks diskusi berisi penilaian terhadap sebuah hal, sedangkan teks tanggapan kritis berisi penilaian terhadap sebuah karya.
C.    Teks diskusi diawali dengan pernyataan pendapat, sedangkan teks tanggapan kritis diawali dengan sebuah isu hangat.
D.   Teks diskusi diakhiri dengan solusi, sedangkan teks tanggapan kritis diakhiri dengan pemilihan keputusan.

19.         Di bawah ini yang merupakan contoh kalimat tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain adalah ....
A.   Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif
B.    Dasar berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan dan asyik dengan dirinya sendiri
C.    Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar
D.   Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.

20.    Di bawah ini yang tidak menggunakan  ungkapan tanggapan gaya bahasa/majas penghalusan adalah ….
A.   Saya setuju dengan pendapat itu, tetapi alangkah baiknya kalau data-data yang disertakan disertai dengan gambar-gambar yang mendukung.           
B.    Data yang dikumpulkan sudah cukup lengkap, tetapi memang ada satu data yang menurut saya perlu ditambahkan.
C.    Secara umum saya sepakat dengan penulis, tetapi saya mempunyai landasan berpikir sendiri dalan hal ini.
D.   Data yang anda sajikan menurut saya salah karena tidak sesuai dengan topik yang dibicarakan.

II.      Isilah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar pada lembar jawab yang tersedia!
1.    Struktur teks laporan percobaan tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah,....., dan….
2.    Lengkapi kalimat di bawah ini dengan istilah yang sesuai.
     Jebakan tikus itu merupakan salah satu alat….tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia.

3.    0,1,2,3 dan seterusnya adalah angka arab, sedang I, II, III, IV dan seterusnya adalah angka ....
4.    Bagian langkah-langkah pada teks laporan percobaan biasanya menggunakan jenis kalimat ....
5.    Setelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif. JIka terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.
     Jika dilihat dari isinya, paragrap di atas merupakan bagian …. dari struktur teks laporan percobaan.
6.    Pidato persuasif adalah salah satu pidato yang bertujuan ….. dan ….. para pendengar, supaya mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai tujuan pidato.

7.    Isi dalam pendahuluan berpidato antara lain terdiri dari, salam pembuka, sapaan, ucapan syukur dan ....

8.    Ada tiga tipe berbeda dari teks eksposisi, yang pertama teks eksposisi ysng dapat mengubah sikap orang, yang kedua ... dan yang ketiga eksposisi dapat membela suatu kasus.

9.    Proses mengubah kata benda, kerja, dan sifat menjadi kata benda disebut ….
10.                        Teks naratif yang mamadukan unsur imajiner dan faktual seperti yang membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat dan para invidual seperti cerita star Trek dan star wars adalah ….

11.    Bagian dari teks cerpen yang berisi solusi atau pemecahan untuk masalah atau tantangan yang dihadapi tokoh dalam cerita atau bagaimana pengarang mengakhiri cerita adalah bagian ….

12.    Ada seseorang yang baru saja kehilangan mata pencaharian. Ia tidak mampu berbuat apa-apa . Beban hidup dan kesusahan terbayang di depan mata. Reaksi orang itu: Ia tertawa. Tawa yang membungkus tangis. Maksud kalimat yang tercetak miring adalah….

13.    Sebelum sekolah, sehabis pulang sekolah, aku bekerja di sebuah supermarket. Gajinya lumayan untuk membantu ayah dan ibuku supaya mereka tidak terlalu terbebani dan kalau ada sisanya, uang hasil kerjaku, kutabung. Tak dapat kupungkiri , niatku untuk kuliah semakin besar, aku berkeinginan menjadi orang sukses agar dapat meraih cita-cita.
Watak tokoh yang tergambar dalam cerpen tersebut adalah ….
14.    Berdasar kutipan cerpen pada soal no 13, sudut pandang yang dipakai pengarang adalah....
15.    Jika penulis menyajikan jalanya cerita secara berurutan dimulai dari tahapan perkenalan ke tahapan penyelesaian secara urut dan tidak diacak atau  jalanya cerita sesuai dengan urutan waktu disebut alur….

16.    Bagian dari teks tanggapan kritis yang berisi informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan disebut ….

17.    Revisilah kalimat di bawah ini!
Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) itu sudah berada di tanah air sejak kamis 10 april 2014.

18.    Alasan kedua dapat dikemukakan bahwa penggunaan game online juga dapat melatih keterampilan motorik anak.
Ungkapan tanggapan tersebut menggunakan kata ….  

19.    Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang tinggi.
Ungkapan tersebut adalah ungkapan tanggapan ….. dari pikiran penulis.
20.    Lengkapi kalimat rumpang di bawah ini dengan istilah yang tepat!
Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan , termasuk perkembangan …. di internet yang banyak menghabiskan waktu anak-anak dan remaja karena asyik memainkanya.

III.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar pada lembar jawab yang tersedia!
1.      Lengkapilah teks laporan percobaan di bawah ini dengan bagian langkah-langkah!

Membuat Es Krim
           Kamu tentu pernah makan es krim, makanan yang cocok dinikmati saat cuaca panas. Namun, apakah kamu mengetahui cara membuat es krim? Pembuatan es krim di industri atau perusahaan penjual es krim tentu rumit dan mahal. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan pembuatan eskrim secara mudah dan sederhana.
Pertama –tama, siapkan alat dan bahan berikut ini!
a)    Susu cair
b)   Es batu
c)    Garam
d)   Dua kantong plastik klip yang berbeda ukuran. Yang satu berukuran sekitar dua kali lebih besar dari satunya.

2.      Buatlah 2 ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon menggunakan pendekatan etika dan logika !

3.      Bacalah cerpen dibawah ini dengan cermat!
Melihat kedatangan sekawanan anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik  dan duduk disebelahku itu, jadi gelisah, dia bergeser rapat ke dekatku.
“Tolong lindungi saya, Pak,” katanya. “Saya sama sekali tidak terlibat perkelahian itu. Saya tidak ikut-ikutan.”
Dia semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia menyadari kalau sedang berhadapan dengan bahaya dan ia sudah terperangkap diantara langit-langit dan dinding gerbong. Tak ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbonglain sudah tidak mungkin. Gerbong yang kami tumpangi adalah gerbong terakhir.

a.    Latar tempat dan waktu pada kutipan cerpen tersebut adalah.....( berikan bukti )
b.    Dilihat dari struktur teks cerpen kutipan cerpen tersebut merupakan bagian....
c.    Apakah Konflik  yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut!

4.      Revisilah teks tanggapan kritis di bawah ini sesuai dengan kaidah bahasa!

Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan
Kementrian pendidikan dan kebudayaan memperkuat pendidikan vokasi di jenjang menengah dengan terus menambah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada tahun 2020 nanti, jumlah SMK mencapai 60% (enam puluh persen) dari sekolah menengah yang ada.
“Mulai tahun ini, pembangunan unit sekolah baru dan ruang kelas baru untuk SMK proporsinya lebih besar, yaitu berkisar 60-70 persen. Sisanya digunakan untuk membangun Sekolah Menengah Atas (SMA),” kata Direktur Jendral Pendidikan Menengah, di jakarta rabu 29 agustus 2014.

5.      Sebutkan perbedaan struktur antara teks tanggapan kritis dan teks diskusi!






...oooOOOselamat mengerjakanOOOooo....


















Selasa, 19 September 2017

EXTRA TIME KELAS IX



Dalam kehidupan kita sehari hari sering mendapati masalah, Masalah yang ada bukan untuk disesali akan tetapai harus dicari solusi sebagai jalan keluar agar kita tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Percobaan perlu dilakukan saat kita hendak mendapatkan karya inovasi atau sekedar meningkatkan kreatifitas kita untuk mengembangkan diri.

Manusia jika ingin melakukan percobaan harus menentukan kira-kira tujuan apa yang hendak dicapai atau diharapkan. dengan demikian akan dapat bermanfaat bagi kita dan pemakai temuan tersebut.

Pembuatan suatu alat yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain sangat perlu kita ciptakan. maka dalam penciptaannya perlu alat dan bahan agar hasilnya maksimal.

Percobaan dilakukan harus berdasarkan langkah-langkah yang sudah diurutkan, hal ini agar pelaksanaan percobaan sesuai dengan yang diharapkan yaitu keberhasilan.

Sebelum melakukan percobaan tentunya setiap orang harus memikirkan sesuatu yang disebut ide atau gagasan. dengan gagasan yang sudah direncanakan kita akan betul-betul menyiapkan hal-hal yang mendukung. Misalnya gagasan tentang penciptaan energi listrik alternatif.

Makna kata, sinonim, pidato persuasif, revisi kalimat, menyusun paragraf kesimpulan, menulis isi pidato, dan membuat kalimat dengan kata ganti orang.




Rabu, 30 Agustus 2017

KELAS 9 YANG BELUM ULANGAN KE-1



Membuat Pendingin Sederhana

Kulkas sudah menjadi barang yang penting bagi manusia, sayangnya harga kulkas di pasaran lumayan mahal. Nah kita bisa membuat pendingin sederhana dari pot tanah liat, agar makanan tidak mudah busuk.
Alat dan bahan
2 buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm
  • Pasir
  • Lem kayu
  • Kain penutup
  • Air
  • Sterofoam
 Langkah-langkah:
  1. Tutup lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin.
  2. Tempel pot kecil ke dalam pot besar seperti pada gambar diatas menggunakan lem. Siapkanlah pasir atau bahan yang bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut.
  3. Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir menggunakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom.
  4. Masukan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil.
  5. Tutup dengan kain dan ukur suhunya.
Nah dengan langkah diatas maka pendingin ini sudah dapat digunakan untuk menyimpan sayur dan buah. Air dalam pasir akan mengalami evaporasi, evaporasi, dan hal ini yang mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.

1.       Sebutkan alasannya mengapa Dibuat pendingin sederhana!
2.       Sebutkan alat yang digunakan dalam membuat pendingin sederhana!
3.       Apa tujuan yang diharapkan dari percobaan membuat Pendingin sederhana?
4.       Sebutkan bagian struktur teks rekaman percobaan pada teks di atas!
5.       Buatlah satu paragraf teks rekaman percobaan bagian tujuan tentang membuat tinta tak terlihat.
6.       Di bawah ini manakah yang bukan merupakan alat dan bahan membuat tinta sederhana? Lemon, air, cairan soda, cutten bud, Jeruk purut, Kertas, Tissu, Lampu bolham Garam, sendok, mangkuk
7.       Mengapa dalam menyusun rekaman percobaan perlu langkah-langkah?
8.       Paragraf berikut ini merupakan struktur teks rekaman percobaan bagian ...
Pernahkah kamu bayangkan bahwa baterai juga bisa dibuat menggunakan sabun?. Baterai merupakan alat penyimpan energi sementara. Jika kamu ingin suatu hal baru, tidak ada salahnya mencoba membuat baterai ini dengan tujuan menambah kreativitas diri dan pengalaman.
9.       Artikan kata yang digaris bawah pada paragraf di atas!
10.   Buatlah kalimat dengan menggunakan kata berikut ini!
a.       Kreativitas
b.      Modal

KIRIMKAN VIA EMAIL. trimulyo72@gmail.com (paling lambat tanggal 2 Sep tember 2017)

Selasa, 30 Mei 2017

PERSIAPAN PAT


  1. Siswa dapat menentukan struktur teks prosedur. 
  2. Siswa dapat menentukan urutan prosedur dengan benar.
  3.  Siswa dapat menentukan alat dan bahan pembuatan tape.
  4. 4.      Siswa dapat menentukan struktur teks diskusi.
  5. 5.      Siswa dapat menentukan argumen menentang.
  6. 6.      Siswa dapat menentukan urutan struktur teks diskusi 
  7. 7.      Siswa dapat menentukan kata yang menjadi ciri dari struktur teks diskusi.  
  8. 8.      Siswa dapat menentukan penggunaan konjungsi dalam kalimat 
  9. 9.      Siswa dapat menentukan kata bilangan.  
  10. 10.  Siswa dapat menentukan sinonim kata.  
  11. 11.  Siswa dapat menentukan kalimat perintah.  
  12. 12.  Siswa dapat menentukan kata modalitas dalam kalimat. 
  13. 13.  Siswa dapat menentukan struktur teks ulasan  
  14. 14.  Siswa dapat menentukan makna kata dalam kalimat. 
  15. 15.  Siswa dapat menentukan kata yang baku dan tidak baku. 
  16. 16.  Siswa dapat menentukan kata yang baku dan tidak baku  
  17. 17.  Siswa dapat menentukan kata sifat sikap.  
  18. 18.  Siswa dapat menentukan merujuk kata. 
  19. 19.  Siswa dapat menentukan makna kata  
  20. 20.   Siswa dapat menyusun kalimat kompleks dan simpleks. 
  21. 21.  Siswa dapat menyusun teks prosedur dengan benar. 
  22. 22.  Siswa dapat menyusun teks diskusi (bagian argumen) dengan benar.  
  23. 23.  Siswa dapat menyusun kalimat dengan menggunakan konjungsi perlawanan.  
  24. 24.  Siswa dapat menyebutkan strktur teks diskusi  
  25. 25.   Siswa dapat menyebutkan   karakter tokoh dengan benar.  
  26. 26.   Siswa dapat menyebutkan latar cerita dengan benar.  
  27. 27.   Siswa dapat menyebutkan karakter tokoh. 
  28. 28.   Siswa dapat menyebutkan jenis kalimat majemuk dengan benar. 
  29. 29.  Siswa dapat meneyebutkan kata berantonim.  
  30. 30.  Siswa dapat menyebutkan penggunaan kata modalitas dengan tepat  
  31. 31.  Siswa dapat menyebutkan kata benda yang terdapat pada kalimat.  
  32. 32.  Siswa dapat menyebutkan konjungsi yang tepat daam kalimat.  
  33. 33.  Siswa dapat menyebutkan kata tidak baku menjadi baku.  
  34. 34.  Siswa dapat menyebutkan jenis kalimat majemuk.  
  35. 35.  Siswa dapat menyebutkan kata baku.( 
  36. 36.  Siswa dapat menyebutkan kata metafora dalam kalimat. 
  37. 37.  Siswa dapat menyebutkan merujuk kata dengaan tepat.(12)
  38. 38.  Siswa dapat menyebutkan kata sifat sikap dengan benar. (19)
  39. 39.  Siswa dapat menyebutkan makna kata metafora dengan benar. (20)
  40. 40.  Siswa dapat menjelaskan urutan struktur teks ulasan dengan jelas. (1)
  41. 41.  Siswa dapat menjelaskan urutan alur dengan benar.(2)

Senin, 29 Mei 2017

KERJAKANLAH!

ULANGAN BAHASA INDONESIA (KE-3)
KELAS VIII  SEMESTER GENAP TAHUN 2016/2017




Cerpen Karangan: Fitri Nur Fadilah
Kategori: 
Cerpen Fantasi (Fiksi)Cerpen KeluargaCerpen Mengharukan
Lolos moderasi pada: 6 Mei 2017

MALAIKAT KECIL

“Ayah, ayok kita naik gajah bledug!” Kata Ara bersemangat.
“Tapi Ara harus cium dulu pipi ayah,” balas suamiku menggoda anak kami satu-satunya. Tanpa berpikir panjang, Ara pun menuruti kemauan ayahnya.
“Oke, kita berangkat!” Kata suamiku dengan senyum mengembang.
Hari ini kami begitu gembira. Taman bermain memang pilihan yang tepat untuk melepas kesedihan. Walaupun matahari bersinar terik, tidak membatasi Ara mencoba wahana permainan yang ada. Begitupun dengan suamiku, ia tak lelah mengikuti setiap keingin anak kami. Diam-diam aku tersenyum dan bersyukur melihat kebahagiaan mereka.
Setelah wahana permainan gajah bledug, istana boneka dipilih oleh Ara. Kami menaiki sebuah perahu yang digunakan untuk menjelajahi istana. Perahu pun berjalanan pelan mengikuti aliran air. Ara tersenyum kagum melihat boneka-boneka yang terpajang di setiap sisi. Badannya yang mungil ikut bergerak seirama alunan musik di dalam istana tersebut.
“Ayah, bunda pasti suka. Iya kan?” tanya Ara yang hanya dibalas anggukan oleh ayahnya, sementara aku hanya dapat tersenyum.
Perahu pun berhenti, menandakan berakhirnya petualangan. Ara kembali berlari riang menuju wahana permainan selanjutnya. Namun, langit menjadi tak bersahabat. Walau dalam terik matahari, air hujan tiba-tiba turun dengan lebat.
Kami pun berteduh di sebuah toko es krim. Banyaknya pengunjung, membuat tempat tersebut begitu bising. Suara hujan yang deras seperti beradu dengan rengekan anak-anak yang ingin membeli es krim. Alih-alih seperti anak seusianya, Ara mengeluarkan sebuah payung dari dalam tas mickey mousenya.
“Ini ayah. Kita masih terkena air hujan,” kata Ara seraya memberikan payung merah muda.
“Kamu kapan menyiapkan payung, sayang? Ayah saja lupa”. Balas suamiku.
“Kata bunda, aku harus membawa payung agar kita tidak kebasahan jika hujan”. Jawab Ara, membuat aku dan suamiku tersenyum bangga.
“Terima kasih ya, Ara. Kamu mau es krim? Lihat mereka sedang memakan es krim,” suamiku menunjuk beberapa anak kecil.
“Tidak. Kata bunda, Saat hujan aku tidak boleh memakan es krim. Jika aku sakit, pasti ayah dan bunda sedih”. Lagi-lagi jawaban Ara membuat aku dan suamiku terenyuh.
Setelah sekian lama, akhirnya hujan pun berhenti. Kami lantas meneruskan perjalanan mengelilingi taman bermain. Sore hari setelah hujan, membuat udara menjadi sejuk. Kicauan burung pun menambah kebahagiaan. Seraya menunggu wahana permainan dihidupkan kembali, kami mengunjungi sebuah restoran cepat saji.
Ara makan dengan begitu lahap. Sementara, suamiku mulai lelah. Air mukanya terlihat sedih. Aku tidak ingin mereka kembali bersedih seperti beberapa minggu yang lalu. Aku tidak tahu cara untuk menghibur kesedihan suamiku, kecuali Ara. Seperti mengerti perasaan ayahnya, Ara bergegas mencuci tangan dan bersiap untuk kembali melanjutkan perjalanan.
Beruntung, wahana permainan pilihan Ara telah dapat digunakan. Dengan riang, Ara menggenggam tangan ayahnya menaiki salah satu tempat pada kincir raksasa. Air muka suamiku kembali seperti sebelumnya, tetapi masih tersirat kesedihan. Pada senja yang indah, kincir raksasa berputar membuat Ara menikmati pemandangan.
Saat tempat kami berada di puncak paling tinggi, tiba-tiba, suamiku meneteskan air mata, kemudian menangis. Aku merasa frustasi, karena tidak dapat melakukan apa-apa. Namun, Tuhan telah menjadikan Ara malaikat kecil. Ia menggenggam tangan ayahnya, lalu mengusap air matanya.
“Ayah kenapa? Kangen sama bunda, ya? Ayah jangan nangis. Ara janji gak akan nakal dan selalu jagain ayah. Oh, ya. Kata bunda dari surga, walaupun udah meninggal, tapi bunda akan selalu menjaga dan berada di samping kita. Jadi, ayah jangan nangis, ya.” Mereka berpelukan dengan sangat erat. Terima kasih, Tuhan, karena telah menjadikan Ara malikat kecil untuk selalu berada di samping ayahnya, suamiku. Aku bergumam dalam hati, dengan senyuman terindah.

Jawablah Pertanyaan berikut ini!

1.       Carilah kata berantonim yang terdapat pada cerita tersebut!
2.       Identifikasilah kata sifat sikap yang t erdapat pada cerita di atas!
3.       Sebutkan tokoh dan karakternya!
4.       Jelaskan kelebihan dan kekurangan cerpen di atas!
5.       Tuliskan kembali cerita tersebut dengan singkat (1-2 paragraf)!


Kerjakan di kertas ulangan!

Haiiii Opa

Di sebuah sekolah menengah pertama yang penuh semangat, ada seorang gadis berusia 14 tahun bernama Oche. Cerdas, tekun, dan penuh ambisi. ...