Selasa, 30 Mei 2017

PERSIAPAN PAT


  1. Siswa dapat menentukan struktur teks prosedur. 
  2. Siswa dapat menentukan urutan prosedur dengan benar.
  3.  Siswa dapat menentukan alat dan bahan pembuatan tape.
  4. 4.      Siswa dapat menentukan struktur teks diskusi.
  5. 5.      Siswa dapat menentukan argumen menentang.
  6. 6.      Siswa dapat menentukan urutan struktur teks diskusi 
  7. 7.      Siswa dapat menentukan kata yang menjadi ciri dari struktur teks diskusi.  
  8. 8.      Siswa dapat menentukan penggunaan konjungsi dalam kalimat 
  9. 9.      Siswa dapat menentukan kata bilangan.  
  10. 10.  Siswa dapat menentukan sinonim kata.  
  11. 11.  Siswa dapat menentukan kalimat perintah.  
  12. 12.  Siswa dapat menentukan kata modalitas dalam kalimat. 
  13. 13.  Siswa dapat menentukan struktur teks ulasan  
  14. 14.  Siswa dapat menentukan makna kata dalam kalimat. 
  15. 15.  Siswa dapat menentukan kata yang baku dan tidak baku. 
  16. 16.  Siswa dapat menentukan kata yang baku dan tidak baku  
  17. 17.  Siswa dapat menentukan kata sifat sikap.  
  18. 18.  Siswa dapat menentukan merujuk kata. 
  19. 19.  Siswa dapat menentukan makna kata  
  20. 20.   Siswa dapat menyusun kalimat kompleks dan simpleks. 
  21. 21.  Siswa dapat menyusun teks prosedur dengan benar. 
  22. 22.  Siswa dapat menyusun teks diskusi (bagian argumen) dengan benar.  
  23. 23.  Siswa dapat menyusun kalimat dengan menggunakan konjungsi perlawanan.  
  24. 24.  Siswa dapat menyebutkan strktur teks diskusi  
  25. 25.   Siswa dapat menyebutkan   karakter tokoh dengan benar.  
  26. 26.   Siswa dapat menyebutkan latar cerita dengan benar.  
  27. 27.   Siswa dapat menyebutkan karakter tokoh. 
  28. 28.   Siswa dapat menyebutkan jenis kalimat majemuk dengan benar. 
  29. 29.  Siswa dapat meneyebutkan kata berantonim.  
  30. 30.  Siswa dapat menyebutkan penggunaan kata modalitas dengan tepat  
  31. 31.  Siswa dapat menyebutkan kata benda yang terdapat pada kalimat.  
  32. 32.  Siswa dapat menyebutkan konjungsi yang tepat daam kalimat.  
  33. 33.  Siswa dapat menyebutkan kata tidak baku menjadi baku.  
  34. 34.  Siswa dapat menyebutkan jenis kalimat majemuk.  
  35. 35.  Siswa dapat menyebutkan kata baku.( 
  36. 36.  Siswa dapat menyebutkan kata metafora dalam kalimat. 
  37. 37.  Siswa dapat menyebutkan merujuk kata dengaan tepat.(12)
  38. 38.  Siswa dapat menyebutkan kata sifat sikap dengan benar. (19)
  39. 39.  Siswa dapat menyebutkan makna kata metafora dengan benar. (20)
  40. 40.  Siswa dapat menjelaskan urutan struktur teks ulasan dengan jelas. (1)
  41. 41.  Siswa dapat menjelaskan urutan alur dengan benar.(2)

Senin, 29 Mei 2017

KERJAKANLAH!

ULANGAN BAHASA INDONESIA (KE-3)
KELAS VIII  SEMESTER GENAP TAHUN 2016/2017




Cerpen Karangan: Fitri Nur Fadilah
Kategori: 
Cerpen Fantasi (Fiksi)Cerpen KeluargaCerpen Mengharukan
Lolos moderasi pada: 6 Mei 2017

MALAIKAT KECIL

“Ayah, ayok kita naik gajah bledug!” Kata Ara bersemangat.
“Tapi Ara harus cium dulu pipi ayah,” balas suamiku menggoda anak kami satu-satunya. Tanpa berpikir panjang, Ara pun menuruti kemauan ayahnya.
“Oke, kita berangkat!” Kata suamiku dengan senyum mengembang.
Hari ini kami begitu gembira. Taman bermain memang pilihan yang tepat untuk melepas kesedihan. Walaupun matahari bersinar terik, tidak membatasi Ara mencoba wahana permainan yang ada. Begitupun dengan suamiku, ia tak lelah mengikuti setiap keingin anak kami. Diam-diam aku tersenyum dan bersyukur melihat kebahagiaan mereka.
Setelah wahana permainan gajah bledug, istana boneka dipilih oleh Ara. Kami menaiki sebuah perahu yang digunakan untuk menjelajahi istana. Perahu pun berjalanan pelan mengikuti aliran air. Ara tersenyum kagum melihat boneka-boneka yang terpajang di setiap sisi. Badannya yang mungil ikut bergerak seirama alunan musik di dalam istana tersebut.
“Ayah, bunda pasti suka. Iya kan?” tanya Ara yang hanya dibalas anggukan oleh ayahnya, sementara aku hanya dapat tersenyum.
Perahu pun berhenti, menandakan berakhirnya petualangan. Ara kembali berlari riang menuju wahana permainan selanjutnya. Namun, langit menjadi tak bersahabat. Walau dalam terik matahari, air hujan tiba-tiba turun dengan lebat.
Kami pun berteduh di sebuah toko es krim. Banyaknya pengunjung, membuat tempat tersebut begitu bising. Suara hujan yang deras seperti beradu dengan rengekan anak-anak yang ingin membeli es krim. Alih-alih seperti anak seusianya, Ara mengeluarkan sebuah payung dari dalam tas mickey mousenya.
“Ini ayah. Kita masih terkena air hujan,” kata Ara seraya memberikan payung merah muda.
“Kamu kapan menyiapkan payung, sayang? Ayah saja lupa”. Balas suamiku.
“Kata bunda, aku harus membawa payung agar kita tidak kebasahan jika hujan”. Jawab Ara, membuat aku dan suamiku tersenyum bangga.
“Terima kasih ya, Ara. Kamu mau es krim? Lihat mereka sedang memakan es krim,” suamiku menunjuk beberapa anak kecil.
“Tidak. Kata bunda, Saat hujan aku tidak boleh memakan es krim. Jika aku sakit, pasti ayah dan bunda sedih”. Lagi-lagi jawaban Ara membuat aku dan suamiku terenyuh.
Setelah sekian lama, akhirnya hujan pun berhenti. Kami lantas meneruskan perjalanan mengelilingi taman bermain. Sore hari setelah hujan, membuat udara menjadi sejuk. Kicauan burung pun menambah kebahagiaan. Seraya menunggu wahana permainan dihidupkan kembali, kami mengunjungi sebuah restoran cepat saji.
Ara makan dengan begitu lahap. Sementara, suamiku mulai lelah. Air mukanya terlihat sedih. Aku tidak ingin mereka kembali bersedih seperti beberapa minggu yang lalu. Aku tidak tahu cara untuk menghibur kesedihan suamiku, kecuali Ara. Seperti mengerti perasaan ayahnya, Ara bergegas mencuci tangan dan bersiap untuk kembali melanjutkan perjalanan.
Beruntung, wahana permainan pilihan Ara telah dapat digunakan. Dengan riang, Ara menggenggam tangan ayahnya menaiki salah satu tempat pada kincir raksasa. Air muka suamiku kembali seperti sebelumnya, tetapi masih tersirat kesedihan. Pada senja yang indah, kincir raksasa berputar membuat Ara menikmati pemandangan.
Saat tempat kami berada di puncak paling tinggi, tiba-tiba, suamiku meneteskan air mata, kemudian menangis. Aku merasa frustasi, karena tidak dapat melakukan apa-apa. Namun, Tuhan telah menjadikan Ara malaikat kecil. Ia menggenggam tangan ayahnya, lalu mengusap air matanya.
“Ayah kenapa? Kangen sama bunda, ya? Ayah jangan nangis. Ara janji gak akan nakal dan selalu jagain ayah. Oh, ya. Kata bunda dari surga, walaupun udah meninggal, tapi bunda akan selalu menjaga dan berada di samping kita. Jadi, ayah jangan nangis, ya.” Mereka berpelukan dengan sangat erat. Terima kasih, Tuhan, karena telah menjadikan Ara malikat kecil untuk selalu berada di samping ayahnya, suamiku. Aku bergumam dalam hati, dengan senyuman terindah.

Jawablah Pertanyaan berikut ini!

1.       Carilah kata berantonim yang terdapat pada cerita tersebut!
2.       Identifikasilah kata sifat sikap yang t erdapat pada cerita di atas!
3.       Sebutkan tokoh dan karakternya!
4.       Jelaskan kelebihan dan kekurangan cerpen di atas!
5.       Tuliskan kembali cerita tersebut dengan singkat (1-2 paragraf)!


Kerjakan di kertas ulangan!

Selasa, 24 Januari 2017

ULANGAN HARIAN KE-1 (KELAS 9)



ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KE-1
KELAS IX
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN JELAS!


  1. Apakah kamu pernah tidak setuju dengan pendapat temanmu? Jika pernah, sebutkan dalam hal apa dan bagaimana pendapatmu!
  2. Tata cara menyampaikan sanggahan salah satunya adalah menambahkan kekurangan pendapat orang lain. Apa maksud kalimat di atas!
  3. Seto dalam kegiatan pameran seni dan budaya yang akan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mranggen pada bulan Maret mendatang menyampaikan usul agar kelas 9H dapat menampilkan karya seni yang bukan hasil kreasi para siswa kelas 9H. Hal ini menurut Seto agar penampilannya membuat kagum para pengujung. Buatlah kalimat ketidaksetujuan dengan disertai alasan yang masuk akal!
  4. SMP Negeri 3 Mranggen dalam waktu dekat akan mengadakan pentas seni dan kreasi pada tanggal 31 Januari 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT SMP Negeri 3 Mranggen yang ke-19. Pelaksanaan kegiatan itu akan menampilkan grup band asuhan Shela on 7. Para siswa diminta untuk menyumbang dana sebesar Rp 100.000,00 untuk membantu sekolah membayar biaya tersebut. Paragraf di atas merupakan struktur teks bagian isu/masalah. Sebutkan masalah atau isu tersebut!
  5. Sejumlah kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak tepat sasaran dan akan memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota.  Sebutkan kalimat penolakan yang terdapat dalam paragraf di atas!
  6. Tuliskan struktur teks tantangan beserta penjelasannya!
  7. Buatlah kalimat penolakan terhadap para siswa yang menginginkan agar siswa diperbolehkan memakai sepatu bebas saat bersekolah!
  8.  Pemerintah memberikan bantuan kepada Institut Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang. Apa arti kata institut pada teks di atas?
  9. Ciri kebahasaan teks tantangan adalah adanya kalimat sanggahan. Kalimat sanggahan adalah kalimat yang mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap masalah.
  10. Sebutkan kata-kata yang menjadi ciri kalimat sanggahan, dan buatlah satu contoh kalimat sanggahan dengan menggunakan salah satu kata tersebut!  Ciri kalimat penolakan ditandai dengan kata tidak setuju, menolak, menentang.Buatlah kalimat penolakan dengan menggunakan kata-kata  tersebut tentang seputar dunia pendidikan!






Senin, 12 Desember 2016

SILAKAN BERLATIH MENJWAB SOAL INI BAGI YANG REMIDI

1.    Rossi adalah pembalap dari Italia, dia sudah menorehkan prestasi yang luar biasa. Dalam hidupnya disiplin adalah kunci suksesnya. Kini pembalap yang dikenal dengan sebutan The Doctor ini, masih diperhitungkan oleh lawan-lawannya, meskipun umurnya tidak muda lagi.
Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian ....
a.       Pembukaan
b.      Peristiwa
c.       Orientasi
d.      Interpretasi
2.     Saat berlomba di sirkuit Sepang Malaysia, Rossi sudah berada di depan lawan-lawannya hingga tinggal dua lap, Rossi tergelincir di tikungan ke delapan sirkuit tersebut. Mimpinya menjadi pudar untuk meraih tropi pada saat itu. Seluruh kru dan managemennya kecewa dengan kejadian yang dialami pembalapnya tersebut.
Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian ....
a.       Orientasi
b.      Peristiwa
c.       Interpretasi
d.      Koda
3.     Saat berlomba di sirkuit Sepang Malaysia, Rossi sudah berada di depan lawan-lawannya hingga tinggal dua lap tersisa, Namun Rossi tergelincir di tikungan ke delapan sirkuit tersebut. Mimpinya menjadi pudar untuk meraih tropi pada saat itu. Seluruh kru dan managemennya kecewa dengan kejadian yang dialami pembalapnya tersebut.
Yang tidak termasuk peristiwa penting pada paeagraf di atas adalah ....
a.       Rossi berada di depan lawan-lawannya hingga tersisa dua lap terakhir.
b.      Rossi tergelincir saat ada di tikungan ke delapan.
c.       Rossi meraih tropi moto GP di sirkuit Sepang Malaysia.
d.      Manajemennya kecewa dengan tergelincirnya Rossi.

4.       Meski sebagai pembalap profesional, Rossi tetap kecewa dengan peristiwa yang menimpanya.
Hikmah atas kejadian tersebut yang tepat adalah ....
a.       Rossi harus membalas kejadian tersebut di sirkuit berikutnya.
b.      Rossi sebagai the Doctor harusnya dapat mengobati luka hatinya sendiri.
c.       Rossi harus mengevaluasi kejadian yang menimpanya, agar ke depan lebih siap dan memenangkan perlombaan.
d.      Rossi harus lebih disiplin untuk mengontrol mesin motornya.

5.     Persamaan antara teks eksemplum dengan teks fabel terletak pada bagian ....
a.       Orientasi dan insiden (peristiwa)
b.      Peristiwa dan koda
c.       Resolusi dan insiden
d.      Interpretasi dan koda
6.   Ketika Edomengetahui bahwa ada seekor kura-kura tua yang terinjakkakinya, Edo malah tidak bereaksi untuk minta maaf. Diabahkan marah-marah sambil berkata, “Dasar kura-kura tua, akujadi mau terjatuh kerena menginjak kamu”.
Tokoh dalam cerita di atas memiliki watak ....
a.       Sombong
b.      Kuat
c.       Pemaaf
d.      Suka menolong

7.    Ketika Edo mengetahui bahwa ada seekor kura-kura tua yang terinjak kakinya, Edo malah tidak bereaksi untuk minta maaf. Dia bahkan marah-marah sambil berkata, “Dasar kura-kura tua, aku jadi mau terjatuh kerena menginjak kamu”.
Setujukah kalian melihat apa yang dilakukan oleh Edo?
a.       Saya setuju dengan sikap Edo yang marah-marah karena kura-kura tidak minggir saat dirinya hendak mengambil makanan.
b.      Saya sangat setuju, jika Edo tidak menghormati kura-kura.
c.       Saya tidak setuju dengan sikap Edo yang dengan sombongnya memarahi kura-kura.
d.      Saya tidak setuju jika Edo menginjak kura-kura.
8.      Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita wajib bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya kepada kita.
Bentuk syukur dapat diwujudkan dengan ....
a.       Membeli barang-barang terbaru.
b.      Menikmati ciptaan Tuhan dengan selalu menjaga dan memeliharanya.
c.       Bertingkah laku sesuai ajaran kemauan orang tua.
d.      Menikmati ciptaan Tuhan yang lua biasa.
9.   Alkisah, di sebuah rumah tua di Surabaya tinggalah seorang pelukis muda dengan talenta yang luar biasa membuat sebuah lukisan wajah.
Kalimat di atas terdapat kata keterangan ....
a.       Cara
b.      Tempat
c.       Waktu
d.      Tujuan
10.   Kata keterangan waktu dapat ditandai  dengan kata  ....
a.       Selalu, agar, dari
b.      Sering, selalu, sebentar
c.       Sering, semaumu, sebentar
d.      Semaumu, secepatnya, sering
11.   Kata keterangan terdiri dari ....
a.       Waktu, cara, tujuan dan tempat
b.      Waktu, cara, hidup, tempat
c.       Waktu,hasil, cara, tempat
d.      Waktu, dapat, hidup, cara
12.   Isfahana akan membayar hutang secepatnya agar nantinyaa dapat dipercaya lagi.
Kalimat tersebut di dalamnya terdapat kata keterangan ....
a.       Waktu
b.      Tempat
c.       Hasil
d.      Hidup
13.   Kesuksesannya menjadi pemimpin tidak dari orang lain tetapi yang paling berperan adalah istrinya.
Kalimat tersebut menggunakan konjungsi ... yang bermakna ....
a.       Tetapi bermakna berlawanan
b.      Dari bermakna asal
c.       Tetapi bermakna setara
d.      Tetapi bermakna penambahan
14. Pada saat Dani menyeberang jalan untuk mengejarorang yang ingin membeli korannya, tiba-tiba sebuah mobilmenyenggolnya. Dia terjatuh ke pinggir jalan dan korandagangannya berantakan. Wanita yang mengendarai mobil ituturun lalu menghampiri Dani yang masih tergeletak. Wanitamuda itu memarahi Dani yang masih belum sadar.
Peristiwa yang tidak diinginkan terjadi adalah ....
a.       Sebuah mobil yang menyenggol Dani hingga dia terjatuh.
b.      Korannya berantakan.
c.       Wanita yang memarahi Dani
d.      Dani terjatuh di pinggir jalan.
15.   Konjungsi yang bermakna sebab akibat adalah ....
a.       Tetapi
b.      Dan
c.       Atau
d.      Karena






Selasa, 17 Mei 2016

Ulaslah cerita berjudul "RUMAH TUA" yang sudah kalian baca dan dengar sesuai  dengan strukturnya!


Haiiii Opa

Di sebuah sekolah menengah pertama yang penuh semangat, ada seorang gadis berusia 14 tahun bernama Oche. Cerdas, tekun, dan penuh ambisi. ...