KERJAKAN SOAL BERIKUT INI DENGAN CARA MEMILIH SALAH SATU JAWABAN YANG
KALIAN ANGGAP BENAR!
NO
|
PERTANYAAN
|
||||||||
1
|
cerita yang tokoh-tokohnya mayoritas binatang yang
berkarakter seperti manusia disebut ...
|
||||||||
2
|
Secara etimologis fabel berasal dari bahasa Latin yaitu
....
|
||||||||
3
|
Kedua telinganya lebar melambai-lambai
Gajah
Hidungnya panjang, bernama belalai
Tapi matanya kecil dan tampak tidak sesuai
Kedua gadingnya tampak pula terjulai
Gajah itu sampai empat meter tingginya
pada penggalan puisi tersebut digambarkan tentang ...
|
||||||||
4
|
Gajah
Gajah itu tinggal di hutan berkawan-kawan
Di Afrika, India, dan Sumatera bagian selatan
Bila sudah jinak pandailah dia bermain di sirkus
Misalnya menari-nari atau berdiri di atas dua kaki
kesimpulan dari bait puisi di atas adalah ...
|
||||||||
5
|
Semut adalah binatang kecil yang dalam kehidupannya dapat
kita contoh, misalnya dalam hal kerjasama atau gotong royong. Di masyarakat
kita sering dilakukan kegiatan tersebut antara lain ...
|
||||||||
6
|
Kita dapat membantu teman saat ...
|
||||||||
7
|
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut
berjalan-jalan
di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat
taman yang
indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa
binatang-binatang
yang berada di taman itu.
Teks cerita tersebut termasuk struktur teks cerita fabel
bagian ...
|
||||||||
8
|
Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut
mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
Teks cerita tersebut merupakan bagian struktur ...
|
||||||||
9
|
“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa
menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini.
Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Amanat yang dapat kita petik dari penggalan cerita di atas
adalah ...
|
||||||||
10
|
“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong...,
tolong...!”
Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang
melintas.
Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah
semut.
Contoh yang dapat kita tiru dari penggalan teks cerita
fabel di atas adalah ...
|
||||||||
11
|
Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia
tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Penggalan teks cerita fabel tersebut termasuk bagian
struktur ...
|
||||||||
12
|
Saat terjadi musibah yang menimpa saudara, teman atau
orang lain, maka yang harus kita lakukan adalah ...
|
||||||||
13
|
Urutan struktur teks cerita fabel adalah ...
|
||||||||
14
|
Setujukah kamu dengan pernyataan pada bagian orientasi
yang berisi isahkan
pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan
di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang
indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang
berada di taman itu.
Berikanlah alasan jika kamu setuju!
|
||||||||
15
|
Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut
mengejek bentuk kepompong yang jelek yang tidak bisa pergi ke mana-mana.
Kata kerja yang terdapat pada teks di atas yang paling
tepat untuk bagian struktur teks komplikasi adalah ...
|
||||||||
16
|
Semut mengejek kepompong pada suatu pagi.
Kalimat aktif tersebut akan berubah menjadi kalimat pasif.
Di bawah ini yang paling tepat adalah ...
|
||||||||
17
|
Di bawah ini yang merupakan kata kerja aktif intransitif
adalah ...
|
||||||||
18
|
Kalimat berikut ini yang merupakan aktif intransitif
adalah ...
|
||||||||
19
|
Semut menyadari akan kesalahannya.
Kalimat diatas berkata kerja aktif ...
|
||||||||
20
|
Contoh perbuatan tidak terpuji yang ada pada binatang
semut adalah ...
|
terima kasih sudah mau berbagi
BalasHapus