Selasa, 29 September 2015

KISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS IX

Kisi-kisi Mid Semester ganjil 2015/2016

Romawai kesatu
1.       Disajikan kutipan puisi karya Rifai, siswa menentukan makna/arti puisi.
2.       Disajikan teks puisi, siswa menentukan peristiwa yang etrjadi pada puisi tersebut.
3.       Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan bagian struktur teks eksemplum.
4.       Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan kata keterangan yang terdapat di paragraph tersebut.
5.       Memaknai kata yang terdapat pada paragraph teks eksemplum putrid tangguk.
6.       Menentukan karakter yang tidak patut dicontoh dari tekk eksemplum.
7.       Menentukan karakter atau sifat tokoh yang perlu dicontoh.
8.       Menentukan bagian teks eksemplum yang berisi tentang pesan moral yang disampaikan penulis.
9.       Disajikan kutipan teks eksemplum, siswa menentukan peristiwa yang terjadi dalam teks tersebut.
10.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan sudut pandang pengarang.
11.   Disajikan contoh konjungsi, siswa menentukan jenis konjungsi tersebut.
12.   Disajikan contoh kalimat majemuk, siswa menentukan jenis kalimat majemuk tersebut.
13.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan bagian struktur paragraph tersebut.
14.   Disajikan kalimat, siswa menentukan makna kata di dalamnya.
15.   Siswa dapat menyebutkan kata keterangan yang menyatakan tujuan.
16.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menyebutkan peristiwa yang tidak diinginkan terjadi.
17.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum siswa menyebutkan karakter tokohnya.
18.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa membedakan perilaku baik dan buruk pada diri tokoh.
19.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan peristiwa yang terjadi pada teks.
20.   Disajikan satu paragraph teks eksemplum, siswa menentukan makna kata.

Romawi kedua
1.       Disajikan data, siswa menyusun kalimat berdasarkan data.
2.       Disajikan satu paragraph, siswa merevisi paragraph tersebut.
3.       Disajikan kata keterangan tempat, siswa menyusun kalimat berdasarkan kata tersebut.
4.       Disajikan dua kata, siswa menyusun kalimat berdasarkan kata tersebut.
5.       Disajikan satu paragraph interpretasi teks eksemplum, siswa melengkapinya/melanjutkannya

Jumat, 25 September 2015

LATIHAN SOALKELAS IX (UH2)



GURUKU. KAULAH INSPIRASIKU.
Inilah aku seorang gadis berumur 12 tahun yang mengejar mimpi. Namaku Aisyah, aku adalah salah satu siswi di SMP yang ada di Magelang. SMP-ku termasuk ke dalam SMP yang sangat mendapat apresiasi dari masyarakat, setiap tahunnya banyak orangtua yang mendaftarkan anaknya di sekolahku karena sekolahku memang dulunya RSBI.
 Hidupku terasa berarti ketika aku mengenal sesosok guru yang baik hati. Namanya Bu Selia, ia merupakan guru favoritku di sekolah. Ia sangat berarti dalam hidupku, betapa tidak, guruku adalah seorang guru yang berprestasi. Segudang prestasi dalam bidang Ipa khususnya Biologi banyak ia raih. Karena guruku aku ingin mengikuti jejaknya dalam prestasi. Sejak kecil aku sangat menyukai Mapel Ipa dan Matematika. Sering aku mengikuti sebuah kompetisi Olimpiade Mapel MIPA di kotaku meskipun aku selalu gagal untuk menjadi seorang juara.
Tapi bukankah kegagalan adalah kemenangan yang tertunda? Maka dari itu aku tidak putus asa dan selalu giat belajar. Guruku selalu mengajari aku apa yang aku tak tahu. Hingga suatu hari saat aku mengikuti lomba Olimpiade Mapel MIPA tingkat Kota, aku mendapat juara 2. Pertama kalinya aku mendapat juara selama ini. Usahaku memang tidak mudah. Berkat guruku aku menjadi orang yang menghargai orang lain dan selalu bekerja keras. Tidak sombong dan tetap rendah hati adalah aku. Aku tak ingin menyombongkan prestasiku yang hanya sekecil itu.
Sampai akhirnya ketika guruku sakit dan tak bisa ditolong oleh Dokter yang menanganinya. Guruku mengidap penyakit Ginjal. Aku sangat sedih ketika mengetahui guruku telah tiada. Guruku sangatlah berarti untukku. Bagaimana pun, aku harus tetap mengikhlaskan kepergian guruku. Sebelum guruku meninggal, aku sedang mengikuti Lomba Olimpiade MIPA untuk kedua kalinya. Dan alhamdulillah aku mendapat juara satu. Ketika mengetahui guruku telah tiada, piala ini ku persembahkan untuk guruku tercinta.
Meskipun engkau kini tak ada di sampingku, jasa-jasamu selalu ku ingat wahai Pahlawan Cendekia. Selamat jalan guruku. Kaulah inspirasiku.

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas!
1.       Buatlah kalimat majemuk dengan menggunakan kata hubung sejak dan setelah
a)       ...............................................................................................................
b)       ...............................................................................................................
2.                  2. Revisilah paragraf berikut!
          Zaman dahulu kala, hiduplah seorang gadis muda bernama Cinderela. Ia tinggal bersama dengan ibu   tiri serta dua orang saudari tirinya. Ia sangat cantik dan rajin. Ibu tiri dan dua saudara tiri Cinderela memiliki sifat  marah.
3.               3.   Buatlah kalimat dengan menggunakan data yang ada pada kolom data!

data
kalimat
Pak Lebai,
duduk, perahu,
tidak mendapat
apa pun.

.
4. Buatlah satu paragrap (orientasi) teks eksemplum tentang mading!
5. Sebutkan ide pokok yang terdapat pada paragraph pertama dan kedua teks di atas!

Senin, 17 November 2014

ULANGAN KE 3 BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMESTER 1 KUR 2013



SOAL ULANGAN HARIAN KE-3 BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMESTER 1
ID
Questions
Image
1
Kita harus melaksanakan kegiatan kita sesuai dengan prosedur yang sudah di tetapkan sekolah.

Kata prosedur berarti …

( )
cara
( )
langkah pasti
( )
ketentuan
( )
hasil

2
Prosedur perlu dilakukan dengan benar agar …
( )
hasilnya sesuai harapan
( )
hasilnya memuaskan orang
( )
tidak kesulitan
( )
tidak salah

3
Struktur teks prosedur terdiri dari ....
( )
langkah-langkah, tujuan , bahan dan alat (opsional)
( )
bahan dan alat (opsional), langkah-langkah, tujuan
( )
tujuan, langkah-langkah, alat dan bahan (opsional)
( )
tujuan, alat dan bahan (opsional), langkah-langkah

4
Pengembangbiakan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan,  pencangkokan juga murah biayanya. Pencangkokan dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik pada suatu tumbuhan sehingga pemanfaatannya terhadap tumbuhan tersebut lebih maksimal. Misalnya, pencangkokan pada tumbuhan mangga bisa mendapatkan buah mangga yang lebih baik daripada mangga yang tidak dicangkok. Selain itu, hasil pencangkokan memiliki masa tumbuh yang relatif lebih singkat.

Paragraf di atas merupakan bagian struktur teks prosedur ….

( )
langkah-langkah
( )
tujuan
( )
alat dan bahan
( )
opsional

5
Pencangkokan tanaman memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungan yang
dapat diperoleh melalui pencangkokan tanaman, antara lain, (1) tanaman yang berbuah lebih cepat daripada seharusnya dan (2) mutu produksi yang diperoleh sama dengan tanaman induknya. Sementara itu, kerugian  pencangkokan adalah tanaman hasil cangkokan hanya memiliki akar serabut sehingga lebih mudah tumbang/roboh dibandingkan tanaman yang berasal dari biji. Selain itu, hasil cangkokan itu juga memiliki kanopi yang lebih kecil dan produksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang dapat dihasilkan pohon induknya.

Kata bersinonim yang terdapat dalam teks di atas adalah ....
( )
keuntungan >< kerugian
( )
keuntungan = kerugian
( )
tumbang = roboh
( )
tumbang >< roboh

6
Untuk mencangkok tanaman diperlukan alat dan bahan.

Alat dan bahan yang tidak diperlukan di bawah ini adalah ....
( )
pisau
( )
gergaji
( )
tanah
( )
serabut kelapa

7
Pencangkokan tumbuhan dapat dilakukan melalui cara berikut.
Pertama, carilah dahan yang ukurannya sedang, tidak terlalu besar atau tidak
terlalu kecil!
Kedua, .........................................................................
Ketiga, kupaslah sekeliling kulit dahan yang akan dicangkok dengan panjang
kupasan ± 5 cm!
Keempat, keriklah lendir atau kambium dahan tersebut dengan perlahan agar
kering!
Kelima, tutuplah hasil kupasan dengan tanah!
Keenam, bungkuslah tanah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah
tidak jatuh!
( )
kupaslah kulit batang yang akan dicangkok
( )
kupaslah dahan atau rantingnya sehingga tampak kambiumnya
( )
ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan dikupas
kulitnya paling sedikit ± 10 cm!
( )
ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan dikupas
kulitnya paling sedikit ± 10 cm

8
Ciri teks prosedur salah satunya adalah terdapat kalimat perintah.

Di bawah ini merupakan kalimat perintah, kecuali ....
( )
Carilah sebuah bambu yang akan kita jadikan kerangka layang-layang!
( )
Bukalah plastik penutup tanah tersebut kemudian masukkan dalam lubang yang sudah dibuat!
( )
Dahan harus dicari agar mendapatkan hasil yang baik!
( )
Masukkan benang ke dalam lubang jarum dan ikatlah kedua sisi benang agar tidak lepas!

9
Pertama, rebuslah air sampai mendidih!
Kedua, masukkan mie instan ke dalam panci tersebut!
Ketiga, aduk-aduk hingga mie menjadi matang!
Keempat, masukkan bumbunya dan aduk-aduk hingga merata!
Kelima, tuangkan ke atas piring, mie yang sudah matang dan siap disajikan!

Langkah-langkah di atas merupakan prosedur ....
( )
membuat mie rebus
( )
membuat mie goreng
( )
membuat indomie
( )
membuat mie matang

10
Dalam teks prosedur terdapat alat dan bahan yang bersifat opsional.

Maksud dari kata opsional dalam teks prosedur tersebut adalah ....
( )
alat dan bahan harus dituliskan dalam teks prosedur tersebut.
( )
alat dan bahan harus baik agar tidak terjadi kesalahan.
( )
alat dan bahan boleh dituliskan atau tidak dituliskan dalam teks prosedur.
( )
alat dan bahan dalam teks prosedur sebaiknya tidak ditulis.

11
Kata bilangan dalam teks prosedur biasanya menunjukkan ....
( )
jumlah
( )
urutan
( )
langkah
( )
kelompok

12
Harga mobil itu sangat mahal sehingga belum banyak orang yang memiliki.

Kata mahal berantonim dengan ....
( )
pelit
( )
murah
( )
besar
( )
sulit

13
Almarhum meninggal dunia 12 tahun yang lalu.

kalimat di bawah ini memiliki makna yang sama dengan kalimat di atas, kecuali ....
( )
Kucing kesayangannya mati terlindas ban truk.
( )
Penjahat yang mampus ditangan polisi ternyata saudaranya.
( )
Gus Dur wafat sudah beberapa tahun yang lalu.
( )
Bung Tomo merupakan pahlawan nasional.

14
Untuk mencangkok tanaman diperlukan alat dan bahan (1) satu bilah pisau,
(2) tali plastik/tali bambu, (3) plastik transparan/sabut kelapa/ijuk, dan (4)
tanah yang agak basah dan subur. Pisau digunakan untuk mengelupaskan kulit tumbuhan yang akan dicangkok serta memotong tali dan plastik. Tali plastik digunakan untuk mengikat plastik transparan ke batang atau dahan pohon yang dicangkok. Tali plastik dapat diganti dengan tali bambu atau jenis tali lain yang kuat. Plastik transparan dapat diganti dengan sabut kelapa atau ijuk pohon enau. Tanah yang agak basah digunakan sebagai tempat tumbuhnya hasil pencangkokan.

Paragraf di atas termasuk bagian struktur teks prosedur ....
( )
tujuan
( )
langkah-langkah
( )
alat dan bahan
( )
opsional

15
Keuntungan mencangkok adalah ....
( )
Tanaman yang berbuah lebih cepat dari seharusnya.
( )
Tanaman berbuah lebih manis dari induknya.
( )
Tanaman semakin kuat dari induknya
( )
Memperbanyak tanaman.


Haiiii Opa

Di sebuah sekolah menengah pertama yang penuh semangat, ada seorang gadis berusia 14 tahun bernama Oche. Cerdas, tekun, dan penuh ambisi. ...